Viral Pada Masanya! Sejarah Terlahirnya Permainan Kelereng

Oleh : ftrrahman | 2022-03-28 18:12:20

Menurut catatan sejarah, permainan Kelereng mulai ada pada abad ke-12 di negara Prancis. Masyarakat prancis menyebutnya bille, yang memiliki arti Bahasa Indonesa yaitu bola kecil. Sama halnya dengan masyarakat Belanda kala itu menyebutnya knikkers. Nama yang sama juga dikenal di Inggris, selain bowls.
Kelereng adalah bola kecil yang terbuat dari tanah liat, marmer, atau kaca, kelereng dikenal dengan berbagai macam nama di tiap daerahnya. Dimainkan sebagian besar masyarakat Indonesia, ada yang menyebutnya Koleci (Sunda), ekar (Palembang), dan guli (wilayah Melayu), gundu (Betawi) setin atau keneker (Jawa), dan kleker (Banjar).
Kelereng tertua yang berhasil ditemukan sejauh ini berasal dari 2000-1700 Sebelum Masehi yang telah menjadi koleksi dari The British Museum, London, Inggris. Kelereng tersebut ditemukan pada sebuah kereta Yunani, yang ada pada situs Minoan of Petsofa.
Di benua Asia Tenggara termasuk Indonesia, permainan kelereng ini dimainkan dengan menggunakan biji dan juga dari buah-buahan yang berbentuk bula sama halnya pada negara Myanmar yang memainkan kelereng menggunakan kerang cowrie yang berbentuk bulat.
Pada Perang Dunia ke 2 pembuatan dan pengiriman kelereng kaca sempat terhenti lalu permainan kelereng mulai menyebar ke seluruh Eropa dan Amerika dan juga mulai diproduksi secara massal dan dikembangkan pada masing-masing negara, hingga ke seluruh belahan dunia, termasuk di negara Indonesia.
Nama marbles, yang sekarang menjadi "bahasa internasional" untuk kelereng, baru muncul di Inggris sekitar 1694. Ini digunakan untuk menyebut bola kecil dari marmer yang didatangkan dari Jerman. Sementara, di Turki, kelereng dikenal di Turki dengan sebutan hakan tuncer.
Pria bernama Octavian yang kelak menjadi Kaisar adalah pecinta permainan kelereng. Merupakan permainan yang banyak digemari di negara Romawi pada saat itu juga masyarakat Romawi mempunyai aturan-aturan resmi dan ciri khas cara bermain. ]
Teknologi pembuatan kelereng berbahan dasar kaca telah diterapkan di negara Jerman pada tahun 1864. Dan juga dapat dipercaya menjadi kelereng modern yang kita kenal hingga saat ini sebelum kelereng berwarna-warni saat ini, kelereng pada awalnya hanya mempunyai satu warna.

Tags : #Sejarah #Kelereng